Kaca Kusen Bandung – sudah tidak bisa dipungkiri lagi bahwa kaca merupakan salah satu jenis material terpopuler untuk dekorasi atau renovasi rumah. Kebanyakan orang menyukai kaca karena sifatnya itu transparan dan bisa memantulkan cahaya. Namun apakah Anda tahu bahwa masih ada banyak orang yang tidak mengetahui bahwa kaca itu terbuat dari batu gamping, campuran pasir dan natrium karbonat. Dan memang begitu kenyataanya.

Faktanya, Anda dapat menemukan banyak sekali furnitur yang terbuat dari kaca seperti gelas, kabinet, jendela, pintu, meja dan cermin. Kaca banyak digunakan karena sangat fungsional dan mampu memberi sebuah kesan tertentu pada ruangan eksterior maupun interior.
Saaat ini penggunaan kaca sudah menjadi hal yang sangat lumrah, baik itu untuk keperluan rumah, hotel ataupun kantor. Kebanyakan kantor dan rumah menggunakan berbagai macam jenis furnitur kaca karena lebih fungsional, mudah dibersihkan, terlihat menawan, memberi kesan fresh pada ruangan dan anti karat.

Jenis – Jenis Kaca Untuk Rumah

Apabila Anda sedang mengerjakan renovasi rumah, tentu Anda harus memastikan bahwa Anda menggunakan sebuah material kaca yang sangat berkualitas. Meskipun Anda bukan seseorang yang ahli dibidangnya atau bukan sebagai kontraktor, namun setidaknya Anda mengetahui beberapa jenis kaca untuk dipasang dirumah supaya Anda tidak salah pilih ketika membeli di tempat jual Kaca Bandung. Berikut ini ada beberapa jenis kaca yang biasa suka digunakan untuk kaca rumah, yaitu:

  • Kaca Bening

Kaca bening (float glass) merupakan jenis kaca yang paling dasar atau paling mentah. Jadi sebelum dibentuk menjadi sebuah jenis kaca yang lain, awal mulanya yaitu kaca bening ini. Dinamakan float glass karena dalam prosesnya, yaitu cairan kaca diapungkan di timah cair sehingga menghasilkan sebuah lapisan kaca yang paling lembut dan paling bening. Kemudian kaca bening ini merupakan jenis kaca yang paling murah harganya.

  • Kaca Laminasi

Apabila Anda menginginkan dan membutuhkan jenis kaca dengan kekuatan super, maka kaca laminasi pilihan yang sangat tepat. Kaca laminasi ini merupakan jenis kaca yang aman dan sangat kuat karena terbuat dari suatu leburan dua panel kaca pada lapisan utama yang terbuat dari PVB (polyvinyl butyral). Proses untuk pembuatannya juga membutuhkan tekanan dan panas yang sangat tinggi sehingga menghasilkan sebuah kaca yang sangat kuat.

Kaca laminasi ini dapat Anda gunakan untuk berbagai keperluan seperti kaca kusen jendela, anak tangga, balkon atau lantai yang berbahan dasar kaca. Namun karena saking kuatnya, kaca laminasi ini bisa menjadi blunder, khususnya pada saat mengalami kebakaran karena jendela dari bahan kaca laminasi ini sangat kuat dan sulit untuk dipecahkan. Apabila Anda membutuhkan jenis kaca ini, Anda dapat memesan di tempat jual Kaca Kusen Bandung.

  • Kaca Annealed

Jenis kaca annealed ini terbuat dari kaca bening. Prosesnya yaitu dengan mendinginkan pada lapisan kaca bening sehingga kaca tersebut menjadi semakin tambah kuat dengan menurunkan tingkat tekanannya. Kaca jenis ini juga sering digunakan untuk keperluan rumah seperti vas bunga ataupun gelas. Kaca annealed ini tidak bagus digunakan sebagai jendela, karena apabila pecah maka pecahannya itu sangat tajam sehingga dapat melukai seseorang dengan sangat mudah.

  • Kaca Tempered

Kaca tempered ini juga merupakan jenis kaca annealed, namun tingkatannya lebih kuat 4 hingga 5 kali lipat dari kaca annealed. Jenis kaca tempered ini tidak dapat dipotong-potong, sehingga untuk proses pemotongannya pun dilakukan pada saat masih dalam berbentuk kaca annealed. Proses untuk pembuatannya juga membutuhkan panas 1200ºC, kemudain didinginkan sampai menjadi lempengan kaca yang sangat kuat.

Kaca tempered ini meskipun sangat kuat namun sangat ringan dan apabila pecah pun, pecahannya itu tumpul sehingga tidak akan membahayakan terhadap tubuh dan meskipun kuat tapi keca ini bisa dipecahkan terutama saat terjadi kebakaran. Selain itu kaca tempered juga dapat digunakan untuk keamanan jendela rumah.

  • Kaca Obscured

Jenis kaca obscured bisa dilintasi cahaya, namun cahayanya itu tidak terlalu nampak atau kabur. Jenis kaca ini sering disebut dengan kaca semitransparan, sehingga sangat pas untuk dijadikan pemisah (divider) pada ruangan supaya privasy tetap terjaga. Proses untuk pembuatannya yaitu mengguankan pelapisan dan pendinginan tertentu sehingga Anda tidak dapat melihat objek yang berada di balik kaca tersebut, melainkan hanya sebatas bayang-bayangnya saja.

Jenis kaca yang satu ini banyak digunakan di ruangan kamar mandi dan ruang tertentu atau privasi lainnya. Selain dapat menjaga privasi, jenis kaca ini juga bisa menghasilkan pencahayaan yang sangat indah sekali.

  • Kaca Cermin

Kaca cermin (reflective glass) merupakan jenis kaca yang bisa meningkatkan privasi karena Anda dapat melihat orang lain di balik kaca tersebut, namun orang lain tidak dapat melihat Anda. pada waktu sore dan malam hari, pastikan bahwa jendela kaca ditutup oleh gorden karena aturannya menjadi terbalik. Kaca cermin ini juga dapat digunakan sebagai cermin karena dapat memantulkan cahaya. Selain itu jenis kaca ini juga dapat dijadikan sebagai elemen dekorasi, karena menghasilkan sebuah warna permukaan yang sangat berbeda pada waktu siang dan malam hari.

Itulah beberapa jenis kaca untuk rumah yang biasa dipesan atau di beli ditempat jual Kaca Bandung. Gunakanlah jenis kaca yang bagus dan sesuai dengan kebutuhan dari rumah Anda.